1 | Pengangge Suara
| ulu |
| ulu sari |
| pepet |
... | tedung/ tedong |
| pepet matedung |
| taling / taleng |
| taling tedung / taleng tedong |
|
| taling marepa |
| taling marepa matedung |
| suku |
| suku ilut |
| ulu candra |
| ulu ricem |
|
|
2 | Pengangge Ardasuara
| nania |
| guung |
| gantungan la / lê |
| suku kembung |
|
3 | Pangangge tengenan
| cecek |
| surang |
| bisah |
| adeg-adeg |
|
Aksara anceng dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah singkatan.
Pembentukan singkatan dapat
dilakukan dengan menanggalkan
satu bagian atau lebih dan kata yang akan
disingkat (Depdikbud, 1975 : 21). Misalnya
kata laboratorium disingkat lab.
Dalam tata aksara Bali
pembentukan aksara anceng juga
dilakukan dengan cara pemenggalan
bagian atau suku kata yang menjadi kepanjangannya,
dengan sistem penulisannya diapit carik pangangsel atau carik siki ( ......).
Contohnya :
|
|
|
|
ANGKA DAN LAMBANG BILANGAN
1. | Angka
| = 0 | | | = 1 |
| = 2 |
| | = 3 |
| = 4 |
| | = 5 |
| = 6 |
| | = 7 |
| = 8 |
| | = 9 |
|
|
|
2. | Lambang Bilangan
dan seterusnya. |
|
|
|
| Disebut pamada
Pamada adalah tanda baca yang digunakan pada akhir setiap bait kekawin. Pamada dibentuk dari empat buah aksara, yaitu aksara gantungan gantungan dan gempelan yang secara keseluruhan mengucapkan mangajapa. Adapun makna yang terkandung dalam pamada adalah mohon keselamatan.
|
|
|
|
Disebut carik (carik siki). Carik digunakan untuk menulis ceritera, geguritan, kidung, kekawin, sebagai tanda apalet, sebagai koma dalam kalimat. Di samping itu juga digunakan untuk mengapit angka dan aksara anceng.
|
|
|
|
Disebut carik pareren (carik kalih). Carik pareren
digunakan untuk mengakhiri kata atau kalimat, yang dalam bahasa
Indonesia difungsikan sama dengan titik. disebut carik. siki,
difungsikan sama dengan intonasi non final atau koma. Disebut carik
kalih, berfungsi sama dengan intonasi final titik.
|
|
|
|
Ceciren pepaosan ini disebut carik agung atau pasalinan,
yang digunakan sebagai tanda akhir setiap bait kekawin, dan digunakan
setiap pergantian tembang. Carik agung ini dibentuk dengan sebuah windu
( o ) yang diapit dengan pemada.
|
|
|
|
Ceciren pepaosan ini disebut panten atau panti. Panten
atau panti ini digunakan pada setiap mulai menulis aksara Bali, yang
bertujuan untuk mohon keselamatan dan perlindungan kepada Tuhan.
|
|
|
|
Ceciren pepaosan ini disebut carik pamungkah. Carik pamungkah ini digunakan pada akhir suatu pernyataan, apabila diikuti oleh rangkaian pemerian.
|
|
|
|
Ceciren pepaosan ini disebut pasalinan. Pasalinan digunakan sebagai tanda akhir suatu tulisan, dan sebagai tanda pergantian pupuh dalam geguritan.
|
|
|
--"--
|
disebut idem. Tanda baca idem diambil dan tanda baca bahasa
Indonesia yang digunakan dalam pasang aksara Bali dengan fungsi sama,
yaitu menjelaskan bahwa uraian yang di bawahnya sama dengan yang di
atasnya.
|
|
|
"....."
|
disebut tanda petik ganda. Tanda petik ganda adalah tanda baca
yang diambil dan bahasa Indonesia, yang digunakan untuk mengapit
petikan langsung yang berasal dan pembicara atau dan naskah.
|
|
|
(....)
|
disebut tanda kurung. Tanda kurung digunakan mengapit tambahan
keterangan atau penjelasan, misalnya kode telepon. Dan juga digunakan
untuk mengapit keterangan atau penjelasan yang bukan bagian integral
pokok pembicaraan.
|
* BB = Bahasa Bali
1 |
Menulis BB asli dan bahasa-bahasa lain yang telah dirasakan sebagai BB
asli, menggunakan Anacaraka, baik aksara wianjana (18 aksara) maupun
aksara suaranya, beserta 'pangangge aksara' dan 'pangangge suaranya'.
|
|
|
2 |
Menulis BB yang diserap dan bahasa Kawi dan Sanskerta, menggunakan semua aksara Swalalita (termasuk aksara Anacaraka seperti tersebut pada NO 1 di atas dan aksara mahaprana, aksara murdania, aksara usma, aksara suara dirga dan hrasua dan pangangge suara dirga dan hrasua.
|
|
|
3 |
Kata-kata serapan dan bahasa daerah, bahasa Indonesia dan bahasa asing kecuali bahasa Sanskerta dan Kawi, ditulis dengan:
1 | Anacaraka seperti tersebut pada 1 di atas |
2 | Aksara suara |
3 | Suara e / ê pada suku awal kata dasar dan tiga suku menggunakan pepet ( ) (ranah modern).
Contoh :
sekolah = | | | lemari = | |
sepatu = | |
| sepeda = | |
|
4 | Awalan bersuara e / ê pada kata jadian Bahasa Indonesia, ditulis menggunakan pepet () (ranah modern).
Contoh :
kecamatan = | | | kepala desa = | |
kelurahan = | |
| pemerintah = | |
pendidikan = | |
| ketua = | |
dan sebagainya |
|
|
|
4 | Singkatan
1 | Singkatan yang telah ada pada sistem aksara Bali (Aksara anceng) digunakan pada ranah tradisional.
Contoh :
|
2 | Singkatan yang diserap dan bahasa Indonesia (ada yang ditulis dengan huruf kapital) dikategorikan ranah modern.
Contoh :
|
|
|
|
5 |
Lagna pada suku akhir suatu kata (suku akhir kata tidak tertutup, bersuara a pada kata serapan dan bahasa Indonesia yang belum terasa sebagai BB asli, diucapkan a.
Contoh :
| Indonesia, diucapkan Indonesia |
| pramuka, diucapkan pramuka |
| ketua, diucapkan ketua |
|
|
|
1. AKSARA LAGNA
2. ADEG-ADEG
3. PASANG JAJAR
4. TENGENAN
5. ATURAN NA RAMBAT
6. AKSARA MADUITA
7. PASANG AKSARA ARDASUARA
8. PASANG PAGEH
9. SING
|
Adeg-adeg ()
Adeg-adeg digunakan pada akhir kata, pada akhir bagian kalimat dan pada
akhir kalimat, bila suku kata pada tempat-tempat tersebut, suku
tertutup (matengenan). Bila suku tertutup itu terletak di tengah atau
awal kata, di tengah atau awal bagian kalimat atau kalimat, maka fungsi
adeg-adeg diganti oleh gantungan atau gempelan.
Contoh
1 |
|
|
|
2 |
= Jumah l Wayane busan-busan uyut, minab tuara ada anak bani midabdabin |
|
|
3 |
= Adin tiange numbas bantal di peken |
|
|
4 | Adeg-adeg digunakan juga pada singkatan kategori ranah modem, menggunakan pasang jajar palas.
Contoh :
|
|
5. Adeg-adeg digunakan pula untuk menghindari penulisan susun tiga.
Contoh
| = Danu Tamblingan. |
| = Desa Tamblang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis kalimat BB dengan aksara Bali, menggunakan sistem jajar sambung.
Contoh :
Catatan: Penulisan papan nama dengan aksara Bali, dapat menggunakan pasang jajar palas.
Contoh
|
Tengenan
|
|
|
Tengenan
Tengenan pada suku kata akhir, tengah atau suku awal dan suatu kata, selalu berubah menjadi surang ().
Contoh :
Denpasar = | |
Banjar Anyar = | |
Serdadu = | |
Sekar gula = | |
|
|
|
Tengenan
|
|
|
Tengenan yang sesuai (berasimilasi) dengan daerah artikulasi (warga aksara) gantungannya, berlaku hanya dalam satu kata saja.
|
|
|
Tengenan majalan terjadi:
- bila kata yang di depan berakhir dengan suku tertutup dan kata yang mengikutinya diawali dengan suku terbuka atau,
- suatu kata berakhir dengan suku tertutup diikuti akhiran.
Tengenan majalan lebih banyak untuk kepentingan guru lagu pada kekawin.
Contoh :
ana k + agung ==> ana kagung =
tege h + an ==> tege han =
|
|
|
Contoh :
Margarana = | | | pancawarna = | |
sekaa truna = | |
| rena = | |
|
Aksara maduita
Aksara maduita ialah suatu konsonan bergabung dengan konsonan yang sama 'warga aksaranya'.
Contoh :
utara = | | | yuda = | |
Buda = | |
| cita = | |
|
Duita yang disebabkan oleh suku kata yang di depannya 'masurang' (dalam sebuah kata dasar), tidak lagi digunakan (Keputusan Pasamuhan Agung Kecil 1963).
Contoh
|
|
|
|
Pasang Aksara Ardasuara
Aksara ardasuara (Semi vokal) : dapat berfungsi sebagai konsonan atau sebagai vokal.
Bila berfungsi sebagai konsonan, bentuknya tetap yakni : .
Bila berfungsi sebagai vokal, bentuknya berubah menjadi pangangge aksara yaitu :
1 | Berdasarkan
Keputusan Pasamuan Agung Kecil 1963, semua kata dasar dan dua suku,
ditulis menggunakan 'pasang jajar'. Bila salah satu atau kedua suku
katanya aksara ardasuara, maka dalam hal ini aksara ardasuara tersebut
berfungsi sebagai konsonan.
Contoh :
yuga = | | | biu = | | | yuyu = | |
rasa = | |
| sera = | |
| raris = | |
lumah = | |
| sela = | |
| lala = | |
watu = | |
| tua = | |
| wawa = | |
|
|
|
2 | Pada kata-kata di bawah ini aksara ardasuara berfungsi sebagai vokal (aksara suara).
Contoh :
tabia = | | | biasa = | |
putra = | |
| krana = | |
sukla = | |
| tlaga = | |
satua = | |
| buaya = | |
|
|
|
3 | Aksara ardasuara dan bila mendapat pepet bentuknya berubah yakni
Cakra () bila mendapat pepet, bentuknya juga berubah yakni:
Contoh :
lega = | | | mileh = | |
renyah = | |
| rereh = | |
bresih = | |
| kreteg = | |
tetapi klesih = | |
| blegbegan = | |
|
|
|
|
Pasang pageh ialah 'pasang aksara' yang asalnya memang demikian, tidak mengikuti 'uger-uger pasang aksara'.
Pasang pageh terdapat bila menulis BB yang diserap dan bahasa Jawa Kuna atau bahasa Sanskerta (Pasang aksara Purwadresta).
Arjuna = | | | nata = | |
gora = | |
| madia = | |
bupati = | |
| prabu = | |
|
|
|
|
1 | Ranah tradisional
Singkatan pada wariga atau usada umumnya mengambil suku yang pertama (Aksara anceng).
Contoh :
|
|
|
2 | Ranah modern
Singkatan pada ranah modem bila ditulis dengan aksara Bali :
A | selalu 'apit carik' |
B | yang ditulis adalah nama huruf (besar) yang membentuk singkatan tersebut contoh :
|
|
|
|
sumber : http://nyomanadnyana.blogspot.com
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ampura akidik dalam penulisankruna rasa yening selehin ring uger uger sa punika nenten nganggen sasapa nggih ? truss dalam penulisan arjuna r punika nenten nganggen surang nggih .. ampura niki tyang kari mlajah mkanya bingung
BalasHapusWarna font yang merah bisa tolong diganti? terimakasih sebelumnya
BalasHapusHai..saya mau tanya....bagaimanakah gantungan akara?
BalasHapushadir
BalasHapusBecik pisan niki,kemaon wenten pitaken ttyng akedik yening nulis angka lan aksara upaminyane wastan kelas 5 B. Ngih amunika dumun suksma
BalasHapus